Konsep dasar

Kalo dipikir2 yaah,,, gak ada salahnya ia bodoh soal jalan… (hehe…pembelaan diri)

Maksudnyah, ia mau menilai sistem pendidikan kita ayang.. pendidikan d endonesa tercintah.

Inget gak dulu waktu SD (gak tau sih,kalo di SD ia dulu kyk gini) :
-> murid cenderung diajarkan HAPALAN! tanpa dikasih tau maksud dan manfaat dr kita mnghapalkan hal itu.
Dulu ia pernah disuruh menghapal PETA BUTA. Buat apa coba?? Alhasil ia sekarang benar2 buta soal peta ;p haha..
Anak SD disuruh ngapalin nama2 jalan,, buat apaaaahh??
Kalo bapa taxi pasti bermanfaat, kl anak SD buat apa?

-> dulu juga ada ia dsuruh ngapalin nama2 sungai d endonesa. Terus nama2 kota dan penghasil barang tambangnya. Misalnya Garut penghasil Intan. (Bener loh inih!).. nah,anak SD buat apaaah MENGHAFAL kota2 dan hasil tambangnya? kl buat investor yg mau menginvest d bidang pertambangan mungkin berguna kalo tau nama2 kota dan hasil tambangnya. Anak SD buat apaa..

Yang namanya SD,yah sekolah dasar. Harusnya diberi pemahaman hal2 dasar. Bukan menghapal! Apalagi hal2 umum kyk gitu..hehe

Misalnya:
Ajari matematika dasar sampe pinter. Sampe tau penggunaanny untuk apa. Kl bs, bisa memecahkan persoalan sehari2. Misal disuruh emaknya beli gula k warung,duitnyab10rb,harga gulanya 6500, yah si anak harus tau berapa kembaliannya..

Ajari cara berbahasa yang baik.
Misal : siapa nama kamu?
Anak2 malah kyk gini kan : siapa namanya?
Apaan coba??siapa namanya?? Gak ada di EYD… terus kebawa2 kan ampe skrg…hayo ngaku!!😉

Ajari anak untuk BERPIKIR KRITIS. Jangan cuman disuapin aja. Guru kan cuman ngasih infooooo aja. “Matahari terbit dari timur,dan tenggelam d barat”. Dan anak2 disuruh menghapalkannya. Yah,yg namanya hapalan, bisa aja lupa! Makanya wajar kl pun udah mau s2, ia lupa matahari terbit d timur apa barat,,hehehe ;p #ngeles

Ajari anak bgmana cara mencari tau asal usul dan pembuktian dari yg diajarkan guru itu. Misalnya yah,,buktikan kl matahari terbit dari timur.. ajak anak2 standby pagi2,bu guru bawa kompas, dan buktikan kl matahari datang dr timur… (lebay gak sih?hehe)

Yah itu lah sedikit pendapat ia tentang pndidikan d endonesa. Mungkin gara2 gaji guru SD paling rendah yah,makanya ngajarnya gak totalitas. Menurut ia, gaji guru TK,SD harusnya lbh gede dbanding profesor kuliahan. Secara guru SD kan mengajarkan hal yang dasar2…

Maap kl gak mutu pembahasan soal pendidikannya. Ia bukan anak KM yg bahasanya wow kalo bikin tulisan…

Ayaaaang,,komentariiin :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s